[Output Passioned Class: Riset] MANAJEMEN WAKTU SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA BARU UNESA MELALU METODE CASE STUDY

MANAJEMEN WAKTU SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA BARU UNESA MELALU METODE CASE STUDY

Penulis: Ni’matul Mufidah, Azizah Aulia Nabila, Febiana Ariyanti, Nurul Hidayah

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengoptimalan manajemen waktu pada mahasiswa yang ditunjukkan oleh ketidaksanggupan dalam mengatur skala prioritas kegiatan. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian observasi yang bertujuan untuk mengatur manajemen waktu yang baik bagi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa baru yang tergabung dalam Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa UNESA. Studi ini menunjukkan bahwa setiap mahasiswa mengalami kendala manajemen waktu dengan berbagai alasan, seperti jadwal yang bersamaan,  belum beradaptasi dengan baik dalam dunia perkuliahan, serta tingkat skala prioritas yang belum tercapai dengan baik. Metode yang kami gunakan adalah metode studi kasus yang diungkapkan dalam bentuk wawancara. Kami melakukan wawancara pada 10 responden berlatar belakang anggota baru Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa UNESA. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar, masalah ketidaktepatan manajemen waktu mahasiswa diakibatkan oleh kurangnya kesadaran mahasiswa dalam mengatur seberapa penting kegiatan tersebut berpengaruh pada setiap aspek kehidupan dari mahasiswa itu sendiri. Pengoptimalan manajerialisasi waktu pada mahasiswa dapat dicapai apabila setiap mahasiswa mampu menyusun skala prioritas dari tingkat rendah, menengah, hingga tinggi. Dari penelitian ini, peneliti ingin membagikan upaya – upaya apa saja yang dapat mengatur serta menyusun tingkat skala prioritas agar nantinya dapat digunakan dalam pengoptimalan manajemen waktu bagi pembaca.

Kata Kunci: Manajemen waktu; Mahasiswa baru; Produktivitas; Pengoptimalan

 

Abstract

This research was motivated by the lack of time management optimization in students shown by the inability to set the priority scale of activities. To respond to this, researchers conducted observational research aimed at organizing good time management for students. This research was conducted on new students who are members of the UNESA Student Scientific Activity Unit. This study shows that every student experiences time management problems for various reasons, such as concurrent schedules, not yet adapting well to the world of lectures, and the level of priority scale that has not been well achieved. The method we use is the case study method which is expressed in the form of an interview. We interviewed 10 respondents from the background of new members of UNESA’s Student Scientific Activity Unit. From the results of the study, it can be concluded that mostly, the problem of inaccuracy in student time management is caused by the lack of student awareness in regulating how important these activities affect every aspect of the student’s own life. Time managerization optimization for students can be achieved if each student is able to arrange a priority scale from low, middle, to high levels. From this study, researchers want to share what efforts can set and arrange priority scale levels so that later they can be used in optimizing time management for readers.

Keywords: Time management; Freshman; Productivity; Optimization