[Output Passioned Class: Riset] MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DENGAN FASILITAS YANG TERBATAS

Manajemen Strategi

Penulis: Permata Witjaksana Putri, Viana Putri Aisyah, Laeli Amaliya

 

Abstrak (Indonesia)

Pendidikan di Indonesia mengalami permasalahan yang disebabkan akibat akses fasilitas dan kualitas pendidik yang terbatas. Salah satu penyebab utamanya adalah penerapan manajemen yang kurang dalam bidang garapan sarana dan prasarana, sehingga mengakibatkan kualitas pendidikan kurang memadai, serta peserta didik mengalami keterbatasan akses dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengangkat sebuah judul Manajemen strategi meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan fasilitas yang terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pembelajaran serta kemampuan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Metode penulisan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa primer sekunder seperti artikel ilmiah, jurnal ilmiah, dan buku sebagai acuan. Untuk peningkatan dari kualitas pendidikan, dalam upaya untuk memperbaiki serta meningkatkan fasilitas pembelajaran.  Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan  manajemen anggaran pendidikan, serta kualitas pendidik untuk mengalokasikan dana dalam perbaikan dan pembangunan fasilitas belajar dan kualitas pendidik yang memadai. Selain itu, perlu juga dilakukan pengawasan dan pemeliharaan secara rutin agar fasilitas belajar tetap dalam kondisi yang baik dan layak pakai.

Kata Kunci: Sistem Manajemen, Pendidikan

 

Abstract (Inggris)

Education in Indonesia is experiencing problems due to limited access to facilities and the quality of educators. One of the main causes is the application of poor management in the field of facilities and infrastructure, resulting in inadequate quality of education, and students experience limited access in the learning process. Therefore, the researcher raised a title Management strategies to improve the quality of educators with limited facilities. The purpose of this study is to describe and analyze the quality of learning and ability in the process of teaching and learning activities. The writing method used is descriptive qualitative, with data collection techniques in the form of secondary primers such as scientific articles, scientific journals, and books as references. To improve the quality of education, in an effort to improve and improve learning facilities.  This can be done by improving education budget management, as well as the quality of educators to allocate funds in the repair and construction of learning facilities and the quality of adequate educators. In addition, it is also necessary to carry out regular supervision and maintenance so that learning facilities remain in good condition and are suitable for use.

Key Words: Management Systems, Education